Bupati Mirna Annisa Terima Penghargaan dari Jawa Pos Radar Semarang kategori 'Dedikasi Membangun Negeri'

 

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si menerima penghargaan dari Jawa Pos Radar Semarang/dok/pemkab kendal

PORTALKENDAL.COMM – Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si menerima sebuah penghargaan dari Jawa Pos Radar Semarang Tahun 2020 dengan kategori ‘Dedikasi Membangun Negeri’, pada Selasa, 21 Desember 2020. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi yang diberikan kepada Bupati Mirna Annisa di Ruang Kerja Bupati Kendal.

Dalam kesempatan itu, Baehaqi menyampaikan perihal penghargaan yang diberikan karena Bupati Mirna sudah banyak melakukan perubahan yang positif teruntuk Kabupaten Kendal.

“Selama hampir lima tahun menjabat sebagai Bupati Kendal, Ibu dr. Mirna Annisa M.Si telah melakukan banyak perubahan bagi wilayah Kabupaten Kendal. Di tiga tahun kepemimpinan Bupati Mirna, Kabupaten Kendal perubahannya benar-benar sudah terasa, pembangunan jalan benar-benar dikebut, infrastruktur umum uuga demikian. Jalan-jalan yang dulu nampak rusak, kini sudah mulus. Jalan-jalan yang dulu masih berupa tanah, sudah beraspal, dan jalan-jalan raya yang dulu beraspal kini sudah dibeton,” pungkasnya.

Bupati Mirna Annisa tiga tahun di awal menjabat sebagai bupati, indikator ekonomi juga semakin membaik. Ini tampak dengan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kendal pada tahun 2016 dan 2017 yang mengalami peningkatan karena berbagai terobosan sang bupati. Sebuah pencapaian yang membanggakan di tengah kondisi sulit ekonomi nasional maupun global di masa kala itu.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang juga mengatakan, Bupati Mirna Annisa juga melakukan banyak terobosan dengan mengusung etos kerja wilayah Kendal Semakin Handa, untuk mewujudkan Kendal Permata Pantura. Sebelum pandemi, objek-objek wisata dibenahi. Wisata-wisata baru juga semakin bermunculan, seperti Wisata Pantai Indah Kemangi, River Walk Boja, Sekartama Waterland, dan masih banyak lagi.

“Prestasi lainnya, Pemkab Kendal mendapatkan sebuah penghargaan Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif Tahun 2020 dari Pemerintah Pusat. Dan Kabupaten Kendal menduduki peringkat dua kategori Pemerintah Kabupaten inovatif se-Indonesiaan. Selama Bupati Mirna menjabat, total ada 80 penghargaan berskala nasional,” lanjut Baehaqi.

Menurut Baehaqi, tak hanya itu saja, kebijakan Bupati Mirna kepada Pemerintah Desa juga sangat bagus. Terutama, kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2017 tentang siltap, tunjangan, dan pendapatan yang sah kepada kepala desa dan perangkat desa. Salah satu isinya, penghasilan tetap (siltap) sebesar Rp 3.000.000. Dan yang luar biasa ini merupakan siltap tertinggi di Jawa Tengah.

“Perbup tersebut juga mengatur tunjangan jabatan, kesehatan, ketenagakerjaan, yang di dalamnya berisi tunjangan hari, tua, pensiun, dan tunjangan kecelakaan kerja para Kades.

Padahal Kabupaten lain masih berkutat masalah siltap dan bengkok. Perbup lain yang dirasakan manfaatnya oleh Kades dan Perangkat Desa adalah Perbup No. 5 Tahun 2017 mengenai pengembalian Bengkok Desa 100 persen, Perbup No. 30 ada pemberian jasa purna tugas yang sebelumnya belum pernah ada,” tutur Baehaqi.

Selain itu, Baehaqi juga menjelaskan bahwa Bupati Mirna Annisa juga diakui oleh para kalangan pengusaha, yaitu dengan menerima penghargaan dari Markplus dalam hal kewirausahaan. Bupati Mirna Annisa adalah sosok pemimpin wanita yang energik dan kreatif juga memiliki jiwa wirausaha. Bupati Mirna Annisa juga telah banyak meletakkan pondasi bagi kemajuan Kabupaten Kendal yang semakin Handal.

“Maka dengan demikian, terkait kiprah dan dedikasinya membangun Kabupaten Kendal menjadi semakin Handa, Jawa Pos Radar Semarang terpanggil untuk memberikan apresiasi tertinggi Anugerah Jawa Pos Radar Semarang Tahun 2020, yaitu pada kategori Dedikasi Membangun Negeri. Kategori ini hanya diperuntukkan bagi unsur Kepala Daerah atas capaian kinerjanya selama menjabat,” jelas Direktur Jawa Pos Radar Semarang.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa mengucapkan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Semarang, karena selama 5 tahun dirinya menjabat telah ikut serta berkontribusi dengan memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Kendal

“Saya ucapkan terima kasih kepada Radar Semarang, karena tidak ada orang yang besar tanpa adanya pewarta, dan peran seseorang bisa dilihat melalui berita, jadi disini bukan hanya saya tapi berkat semua instrumen, baik Pemerintah Kabupaten Kendal dan masyarakat Kabupaten Kendal yang dikomunikasikan dengan baik, dan di sampaikan dengan baik oleh teman-teman terutama dari Jawa Pos Radar Semarang,” kata Bupati Mirna.

Bupati Mirna juga mengatakan, bahwa ketulusan yang dilakukan selama ini sebenarnya tidak boleh diceritakan, tetapi pasti akan dapat dirasakan, dan apa yang sudah dilakukan selama masa kerja selama ini untuk Kemajuan Kabupaten Kendal.

Bupati Mirna Annisa juga berharap, ke depan sudah tak ada lagi hal-hal yang rumit, karena sudah dilewati, dan mudah-mudahan Kendal akan terus maju.

“Hal-hal rumit sudah kita lewati bersama, InshaAllah kedepan Kendal akan terus maju. Tentunya Jawa Pos juga dapat berkomunikasi dengan baik, dan pastinya penghargaan akan lebih banyak lagi, karena capaian itu bukan untuk milik pribadi, tetapi capaian yang sejati adalah jika kita diberi amanah dan apa yang menjadi kepentingan pemberi amanah dapat kita maksimalkan dengan baik,” tambah Bupati Mirna.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Semarang, karena penghargaan ini saya terima sekian kalinya, mudah-mudahan penghargaan ini tidak sia-sia, dan mudah-mudahan penghargaan memang sebuah kelayakan, serta dapat menjadi motivasi kepala daerah ke depan, dan menjadi motivasi bagi teman-teman kepala daerah maupun bagi masyarakat untuk terus dapat berkontribusi dengan baik,” tutup perkataan Bupati Kendal Mirna Annisa.

Sumber : Pemkab Kendal


Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.