Cara Cek bantuan UMKM Rp 3,5 juta Plus 500 Ribu Tahun 2020 di Laman Resmi DTKS Kemensos

laman resmi cek bantuan UMKM KPM PKH/dtks.kemensos.go.id

PORTAL KENDAL – Jumlah daftar 10 ribu Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang otomatis mendapat bantuan UMKM Rp 3,5 juta plus Rp 500 ribu dari Kementerian Sosial di tahun 2021.

Pasalnya Kemensos memberikan bantuan modal usaha UMKM Rp 3,5 juta plus Rp 500 ribu di tahun 2021. Hal itu sesuai di laman kemensos.go.id, Kemensos akan memberikan bantuan modal usaha kepada 10 ribu KPM dan PKH yang mempunyai rintisan usaha terkenda dampak pandemi Covid-19.

Rintisan usaha yang dimaksud yaitu dikelola KPM PKH Graduasi adalah usaha ultra mikro. Kemudian tidak semua masyarakat dengan pendapatan rendah memperoleh bantuan usaha dari Kemensos. Bantuan modal usaha UMKM ini direncanakan akan didapatkan pada 2021 untuk melanjutkan program bantuan dana tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi tahun 2021 yang nantinya lebih spesifik.

Pemerintah akan memilih KPM PKH yang berhak mendapatkan dana bantuan tunai sebesar Rp 3,5 juta yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). BLT KPM PKH Rp 3,5 juta ini bisa langsung didapatkan tanpa perlu regristasi khusus terlebih dahulu. Namun dengan syarat wajib yaitu calon penerima BLT KPM PKH Rp 3,5 juta ini terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Calon penerima yang terdaftar sebagai penerima bantuan modal usaha UMKM Rp 3,5 juta plus Rp 500 ribu dari Kemensos dapat langsung login ke dtks.kemensos.go.id dengan memasukkan NIK, Nama Lengkap sesuai KTP dan mengisi kode captcha sebagai pengamanan.

Jika sudah maka calon penerima bantuan dapat mengklik cari, jika tidak terdaftar maka akan ada peringatan bahwa data yang dimasukkan tidak terdaftar. Jika data yang dimasukkan tadi ditemukan maka dipastikan calon penerima bantuan modal UMKM akan menerima bantuannya di tahun 2021.

Perlu diketahui bahwa bantuan dana rencananya oleh Mensos Baru yakni Tri RIsmaharini, dana bantuan tunai akan dicairkan langsung melalui rekening. Jika calon penerima belum mempunyai rekening tabungan maka akan dibuatkan langsung oleh pihak bank yang bersangkutan, dan jika calon penerima sudah mempunyai rekening tabungan, dipastikan bantuan tunai nantinya akan langsung masuk ke rekening tabungan tersebut.

Sumber : Kemensos


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.