Guna Tingkatkan Kinerja PNS, Pemkab Kendal Gelar Seminar Pameran Inovasi Kepemimpinan di Masa Covid-19

 

acara seminar Pameran Inovasi Kepemimpinan / kendalkab.go.id


PORTALKENDAL.COM – Kamis (10/12/2020) telah diadakannya Seminar Pameran Inovasi Kepemimpinan Di Masa Pandemi Covid-19 yang tepatnya diselenggarakan di ruang Abdi Praja Kabupaten Kendal, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.

Seminar tersebut dihadiri oleh pejabat daerah seperti Wakil Bupati Kendal, Drs. H. Mansur Masykur yang mewakili Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si. Terdapat beberapa narasumber yang turut mengisi seminar tersebut, yakni Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Eko Suseno dan Andi Suryanto Selaku Kepala Bidang Pengembangan Kompetens Manajerial pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah.

Seminar ini diselenggarakan melalui virtual melalui media streaming YouTube dan diikuti oleh beberapa Kepala OPD Kendal, alumni Kepemimpinan Administrator dan Pengawas, serta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari daerah Kabupaten Kendal.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kendal Cicik Sulastri, S.H., M.A menyampaikan beberapa tujuan diselenggarakannya seminar ini adalah untuk memotivasi PNS yang menjadi peserta seminar untuk terus berusaha bekerja dengan sistem yang lebih efektif dan efisien, membangun adanya kerjasama yang sinergis dengan skateholder agar kualitas pelayanan organisasi perangkat daerah menjadi lebih unggul dari beberapa trobosan pemikiran dan tindakan yakni inovasi.

Beliau juga menyampaikan bahwa hal  yang kedua adalah, mereka diharap untuk bergerak dari comfort zone ke competitive zone sebab tuntutan dari masyarakat menjadi lebih kompleks. Ketiga, dapat mendirikan hubungan kerja dan komunikasi yang produktif dengan bawahan, rekan, dan juga atasan serta partner kerja Pemda dalam membentuk inovasi PNS yang mendukung perkembangan inovasi daerah. Keempat, agar dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat dari adanya peningkatan pada layanan publik, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat dalam meningkatnya daya saing inovasi daerah.

Wakil Bupati Kendal, H. Masrur Masykur yang menyampaikan sambutan Bupati Kendal, yang mengungkapkan bahwa seminar ini sungguh disambut baik dan mengharap akan terbentuknya pejabat-pejabat Kendal yang berkompetensi lebih baik dan profesional, mampu memimpin perubahan pada instansinya, dan melaksanakan reformasi birokrasi dan melayani yang terbaik pada berbagai sektor publik di masyarakat.

Wakil Bupati Kendal juga mengaharapkan apatur pemerintah mampu menjadi kekuatan yang dapat memperbaharui semangat kerja dan cara kerja bawahan dalam melayani dengan prima untuk masyarakat, karena pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kendal akan menjadi penggerak pemerintah dan pembangunan di Kendal.

Beliau juga mengatakan kepada seluruh PNS untuk meningkatkan kualitas kinerjanya agar cepat, akurat, transparan, dan akuntabel dalam mewujudkan pemerintah yang baik, bersih, dan berwibawa. Wakil Bupati Kendal tersebut juga berkata untuk bekerja dengan serius, ikhlas, dan tuntas serta menciptakan inovasi pada kerja dan karyanya, dengan gerakan one institution one innovation.

Aktif dalam meningkatkan kompetensi terkini bidang tugas merupakan salah satu penerapan competitive zonemenurut Wakil Bupati Kendal. Hal itu dilakukan agar terus dapat eksis dan bersaing dengan paradigma perubahan yang sungguh pesat di era global.

Sambutan Bupati Kendal yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kendal diakhiri dengan ajakan untuk menjadikan lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal menjadi Learning Organization. Menjadi organisasi yang terus belajar, karena kita punya potensi untuk dikembangkan walau masih memiliki kekurangan. Memanfaatkan potensinya hingga dapat melayani yang terbaik untuk masyarakat dan terus menggali potensi untuk majunya daerah Kabupaten Kendal yang tercinta.

Lalu, acara dilanjutkan oleh narasumber, yakni Andi Suryanto yang memaparkan mengenai pelatihan kepemimpinan dimasa pandemi Covid-19, dan Eko Suseno HRM yang memaparkan materi mengenai karakter kepemimpinan. 

(Sumber: kendalkab.go.id)


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.