Inilah Enam Jenis Vaksin yang akan Digunakan oleh Menteri Kesehatan dalam Program Vaksinasi Nasional

 

Ilustrasi Vaksin Covid-19/Foto:Pixabay/geralt

PORTALKENDAL.COM- Pemerintah secara resmi akan menetapkan enam jenis vaksin Covid-19.

Pemerintah dengan melalui Kementerian Kesehatan akan menggunakan enam jenis vaksin tersebut dalam program vaksinasi Covid-19 yang direncanakan akan dilaksanakan pada awal tahun depan.

Saat ini ada enam jenis vaksin Covid-19 tersebut yang masih harus tahap uji klinik sebelum dilakukan peredaran vaksinasi.

Adapun enam jenis vaksin tersebut yang akan digunakan sebagai program vaksinasi tahun depan yaitu sebagai berikut :

PT Bio Farma (Persero);

Astrazeneca;

Moderna;

China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm);

Pfizer dan BioNtech;

Sinovac  Biotech Ltd.

Keputusan ditetapkannya enam jenis vaksin Covid-19 tersebut telah tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9860/2020 Tanggal 5 Desember 2020.

Dalam salinan surat yang telah dikutip, Minggu (06/12), enam jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan pemerintah dalam program vaksinasi yang telah disebutkan di atas.

Deretan vaksin yang telah disebutkan di atas tadi sampai saat ini masih dalam tahap pelaksanaan uji klinik tahap ketiga, atau telah selesai uji klinik tahap ketiga. Untuk penggunaannya, vaksin-vaksin tersebut tetap membutuhkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) dari BPOM.

Dalam surat keputusan tersebut, telah disebutkan bahwa Menteri Kesehatan dapat melakukan perubahan jenis vaksin yang digunakan untuk program vaksinasi, berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional.

Pengadaan vaksin sesuai dengan jenis yang ditetapkan dibagi dua. Di antaranya pengadaan Meneteri Kesehatan untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi secara nasional dan Menteri BUMN untuk vaksinasi mandiri.

Sumber : PMJ News.


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.