Malam Tahun Baru Wilayah Jateng Berpotensi Hujan Lebat dengan Petir dan Angin Kencang

 

Ilustrasi Hujan Badai disertai petir/Pixabay/12019

Portal Kendal -  Malam pergantian tahun yang jatuh pada 31 Desember 2020 di wilayah Jateng akan berpotensi mengalami cuaca dengan intensitas hujan yang lebat disertai petir. Potensi hujan lebat malam tahun baru juga akan disertai angin kencang juga.

Sejumlah wilayah di Jateng sendiri dalam tiga hari kedepan yaitu periode tanggal 30 Desember sampai 1 Januari mempunyai potensi cuaca yang ekstrem dengan curah hujan yang tinggi.

Pasalnya BMKG Ahmad Yani Semarang mengungkapkan bahwa prakiraan cuaca dalam tiga periode hari kedepan berdasar dari pantauan kondisi atmosfer masih menunjukkan adanya shear line atau belokan angin dan konvergensi akibat sirkulasi siklonik di Laut China Selatan juga laut Benua Australia.

Wilayah Jateng yang berpotensi cuaca lebat yaitu sebagai berikut:

Kab. Brebes, Kota/ Kab. Tegal, Pemalang, Kota/Kab. Pekalongan, Batang, kendal, Cilacap, Purwokerto, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Salatiga, Semarang, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, karanganyar, Surakarta, Jepara, Kudus, Purwodadi, Blora, Cepu, Karimun Jawa dan wilayah sekitarnya.

Masyarakat tetap dihimbau agar selalu waspada mengenai potensi cuaca ekstrem tersebut dan dampak dari cuaca yang ekstrem misalnya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan yang licin.

Bagi masyarakat di Jawa Tengah terkhusu Kendal, dapat membuka layanan melalui kanal Twitter Resmi BMKG Ahmad Yani Semarang @cuacajateng, Facebook : Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, IG : @cuaca_jateng, dan aplikasi IOS atau Android yakni Info BMKG.

Sumber : BMKG


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.