Menteri Sosial Sekarang yang Baru, Lakukan Gebrakan Semua Bantuan Tunai Dihapus, akan Diganti Ini

 

Menteri Sosial RI Sekarang atau yang baru yakni Tri Rismaharini/Antara

PORTALKENDAL.COM – Menteri Sosial RI sekarang yakni Tri Rismaharini akan mengapus semua bantuan tunai kepada masyarakat.

Gebrakan baru Risma diambil setelah ia resmi dilantik menjadi Menteri Sosial RI yang baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Sosial Risma akan membuat sebuah kebijakan yang baru terkait penyaluran BLT sosial di mana semua bantuan tunai akan dihapuskan.

Risma menjelaskan penyaluran bantuan sosial (bansos) kedepan akan berbentuk elektronik.

“Tidak akan ada lagi cash atau tunai dalam bentuk apapun, tapi kami akan menggunakan semua transaksi secara elektronik,” ujar Risma, dikutip dari Channel Youtube Resmi Sekretariatan Presiden, Rabu (23/12).

Penjelasan teknisnya, penyaluran bantuan sosial (bansos) nantinya akan disalurkan dalam bentuk tabungan. Dan penerima yang belum mempunyai rekening tabungan akan langsung dibuatkan. Pasalnya rekening tersebut nantinya akan dijadikan sumber menyimpan bansos dalam bentuk rekening tabungan yang sudah dibuat sebagai penyaluran bansos.

“Dan juga masukan-masukan dari daerah, kami akan gunakan elektronik yang cepat sehingga perbaikan-perbaikan data bisa segera kami lakukan,” tutur Risma

Risma menjelaskan bahwa salah satu instruksi Presiden Jokowi yang menjadi prioritasnya terkait bantuan sosial Covid-19 yang harus keluar pada Minggu pertama bulan Januari 2021.

“Karena ini juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional, karena itu kami harus bekerja keras. Sehingga minggu pertama bulan Januari yang untuk 2021 bisa segera tersampaikan kepada penerima bantuan,” jelas Risma.

Risma menambahkan, tugas keduanya yakni dalam hal pemberdayaan. Menurut Risma, Kementerian Sosial (Kemensos) juga harus memperhatikan implikasi dari penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat penerima.

Dalam hal ini Risma mengatakan pihaknya tak dapat bekerja sendirian. Pihaknya akan turut menggandeng pemerintah daerah dan perguruan tinggi untuk mengetahui kendala yang dialami masyarakat selama pandemi Covid-19.

Tugas lain yang harus dikerjakan oleh Menteri Sosial yang baru yakni Mensos Risma mengenai perbaikan data penerima bantuan dan mengantisipasi dampak cuaca terhadap hasil pertanian para petani.

Risma menjelaskan terkait perbaikan dan pembaruan data para penerima bantuan sosial, Kemensos akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Karena memang ya pasti akan ada selisih, karena hari ini diupdate maka hari ini pula ada yang meninggal dan pindah atau sebagainya. Nah itu yang harus kita terus tangani day to day,” jelasnya.

Sumber : Lingkar Kediri


Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.