Pemkab Kendal Lakukan Sosialisasi untuk Selamatkan Arsip Penanganan Covid-19 Sebagai Bukti Sejarah

 

Sosialisasi Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 Pemkab Kendal Tahun Anggaran 2020, Senin 7 Desember 2020. /Pemkab Kendal

PORTALKENDAL.COM – Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur meminta semua yang terlibat penanganan Covid-19 di Kabupaten Kendal untuk menyimpan dan menyelamatkan arsip terkait informasi mengenai penanganan Covid-19.

Masrur Masykur menyebutkan lahirnya Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Kendal menjadi dasar hukum penyelenggaraan kearsipan pada semua pencipta arsip di Kabupaten Kendal.

Sehingga kinerja instansi pemerintah dalam menangani masalah pandemi Covid-19, dapat direkam dan diselamatkan dengan baik.

Masrur Masykur mengatakan, akan menjadi bukti sejarah sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan sumber pembelajaran yang berharga bagi setiap generasi Indonesia bahkan masyarakat dunia.

“Termasuk alokasi berbagai sumber daya, serta dampak yang timbul di tengah kehidupan masyarakat, pemerintah, bangsa dan negara, akan jadi arsip penanganan Covid yang akuntabilitas,” ujar Masrur, disela Sosialisasi Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 Tahun Anggaran 2020, Senin (07/12).

Masrur juga menjelaskan, bahwa rekaman dari cara instansi pemerintah, Ormas/Orpol, BUMD/BMN, pimpinan Agama (selaku pencipta arsip) dalam penanganan Covid-19 tersebut menjadi warisan dokumenter dalam konteks pengurangan dan manajemen risiko bencana yang suatu saat menjadi sebuah ilmu yang berharga dan penting.

“Warisan dokumenter tersebut merupakan sumber daya penting untuk memberikan perspektif historis mengenai upaya pemerintah maupun warga negara dalam penanganan COvid-19, sebagai bagian dari pelestarian dan aksesibilitas arsip termasuk arsip dalam bentuk digital,” tuturnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal Diah Aning Budiarti, mengatakan bahwa pelaksaan kegiatan sosialisasi bertujuan untuk menyelamatkan arsip-arsip penanganan Covid-19.

“Sosialisasi ini tujuannya adalah untuk menyelamatkan arsip-arsip penanganan virus Covid-19 yang tercipta dari semua pencipta arsip dilingkungan Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Adapun upaya penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19, ada beberapa hal diantaranya, yang pertama yaitu dengan mengoptimalkan peran sumber daya kearsipan dan Arsiparis dalam megelola arsip di lingkungan masing-masing pencipta arsip, baik pemerintah maupun non pemerintah.

Kedua, mengelola arsip sebagai sumber informasi yang kredibel dan otentik terkait peristiwa bencana (Covid-19 merupakan salah satu jenis arsip bencana sosial).

Ketiga, melindungi dan menyelamatkan arsip yang terkait dengan penanganan bencana, serta yang keempat yakni penyelamatan dan perlindungan informasi arsip melalui digitalisasi arsip.

Sumber : Pemkab Kendal


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.