Perencanaan Alokasi Pembangunan Pasar Darurat di Kecamatan Weleri

Penampakan pasar Weleri paska kebakaran / TribunJateng.com

 

PORTALKENDAL.COM – Pasca terjadinya musibah kebakaran yang melanda pasar Kecamatan Weleri, pemerintahan Kabupaten Kendal terus mengupayakan untuk mengembalikkan roda perekonomian di Kecamatan Weleri, upaya ini ditunjukkan dengan adanya perencanaan pembangunan pasar darurat.

Menurut keterangan dari Sekertaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha, S.T, M.Si Menjelaskan bahwa pemerintahan Kabupaten Kendal telah membuat upaya-upaya yang akan dilakukan, seperti dari segi APBD Perubahan yang telah mengalokasikan anggaran dengan mengusulkan untuk membangun tenda, dengan menyiapkan Detail Engineering Design (DED) guna untuk membuat pasar darurat.

Setelah dikonfirmasi terdapat 3 tempat yang kemungkinan akan dijadikan sebagai lokasi dari pasar darurat tersebut. keterangan ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal Fran Ardiansyah,ST, menurutnya pihaknya telah menemukan 3 lokasi yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pasar darurat yaitu berada di Weleri 2 atau pasar hewan, terminal depan pasar Weleri dan menyewa lahan milik swasta yang berada di sekitar Weleri 2, hal ini disampaikan pada kamis (3/12/2020).

Pihak Pemerintahan Daerah Kabupaten Kendal telah melakukan perhitungan dan perincian terkait pasar darurat ini, Kios yang seharusnya dibutuhkan kurang lebih sejumlah 2.000 kios. per toko akan berukuran 1,5 X 2 Meter, menurut keterangan dari pihak Disdag lokasi yang berada di terminal mampu diisi kurang lebih 200 kios, sedangkan untuk lokasi yang berada di pasar hewan dan lahan yang dimiliki oleh pihak swasta mampu diisi 1.200 kios. Kemudian untuk sisanya pihak Disdag akan mencari kembali lahan kosong yang mampu digunakan untuk membangun pasar darurat.

Untuk anggaran yang telah disiapkan dalam pembangunan pasar darurat di Kecamatan Weleri ini adalah 1 Miliar.

Sumber : TribunJateng.com & kendalkab.go.id


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.