Tingkat Partisipasi Warga Kabupaten Kendal dalam Pilkada 2020 Cukup Tinggi Sebesar 80 persen

 

Forkompimda Kendal saat peninjauan TPS di Pilkada Kendal 2020/ Foto :Dok/Pemkab Kendal

PORTALKENDAL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Moha Toha menyampaikan jika tingkat partisipasi warga Kabupaten Kendal dalam gelaran acara pencoblosan di Pilkada Kendal 2020 yang mencoblos sekitar 80 persen, nilai itu sudah dirasa cukup tinggi.

Dari pantauan sejak pelaksaan Rabu (09/12/20), rata-rata diangka 90 hingga 85 persen tingkat partisipasi warga dalam hal pencoblosan.

Pelaksanaan pemungutan suara juga berjalan kondusif dan masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hasil ini dikatakan Moh Toha hal yang menggembirakan karena angka partisipasi warga dinilai naik dibanding gelaran Pilkada sebelumnya.

“Partisipasi masyarakat sekitar 80 persen, dan maksimal 85 persen, dilihat partisipasinya masih baik pada Pilihan Legislatif kemarin,” ujar Sekda Moh Toha, Rabu (09/12).

“Penerapan protokol kesehatan, saya lihat sudah cukup baik ya, di setiap TPS sudah ada alat cuci tangan, petugas pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, sarung tangan dan masyarakatnya juga memakai masker, serta tidak ada pemilih yang berkerumun,” tambahnya.

Terkait dengan warga yang diisolasi mandiri, Sekda Moh Toha menjelaskan, mereka tetap dapat mencoblos di TPS nya masing-masing.

“Untuk warga yang diisolaso mandiri tadi di TPS Brangsong disepakati mereka tetap mencoblos, namun diakhir waktu mendekati jam 13.00,” ujar Sekda Kendal Moh Toha.

Sementara, Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo mengatakan, situasi sampai saat ini berjalan kondusif baik dan aman.

“Situasi berjalan lancar, namun tadi ada dua dua TPS di Kelurahan Bandengan yang terkena rob,” tuturnya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas pelaksaan Pilkada agar aman, lancar, damai dan sehat.

Sumber : Pemkab Kendal


Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.