Unik dan Langka! Fenomena Kerang Terdampar di Pantai Sendang Sikucing, Para Warga Rebutan

 

Terlihat para warga memunguti kerang di bibir Pantai Sendang Sikucing

PORTALKENDAL.COM – Warga Desa Sendang Sikucing, Rowosari, Kabupaten Kendal mendadak berbondong-bondong di tepi Pantai Sendang Sikucing.

Pasalnya para warga yaitu berebut untuk memungut berbagai jenis kerang yang terdampar di tepi pantai, kerang tersebut berceceran di tepi pantai.

Warga terus berdatangan dari pagi sampai sore untuk mencari kerang-kerang yang berceceran dan warga sudah menyiapkan karung sebagai wadah kerang-kerang yang telah dipungut. Kerang-kerang itu nantinya dimasak sendiri maupun dijual.

Tak hanya orang-orang dewasa saja yang memungut kerang, akan tetapi para anak-anak pun ikut serta dalam kegiatan itu.

Kejadian munculnya kerang-kerang tersebut hanya berada di kawasan wisata Pantai Sendang Sikucing saja.

Sedangkan di pantai sebelahnya yaitu Pantai Cahaya dan Sendang Asih tak nampak adanya kerang-kerang yang terdampar di bibir pantai.

Menurut pengelola wisata, fenomena kerang terdampar itu hanya muncul beberapa hari ketika musim hujan, yaitu pada bulan Desember, akan tetapi belum tentu setiap tahun terjadi fenomena terdamparnya kerang tersebut.

“Tidak tahu penyebabnya, tetapi kejadian langka ini muncul sejak tiga tahun lalu pada musim hujan,” tutur Mustakim, salah seorang pengelola pantai, seperti dikutip oleh radar Semarang, Kamis (10/12/20).

Kerang-kerang tersebut terbawa ke bibir pantai dikarenakan ombak pasang yang disebabkan intensitas hujan yang tinggi didaerah Kabupaten Kendal.

“Warga mulai berdatangan memunguti kerang-kerang yang menepi sejak pagi sampai sore hari,” ujarnya.

Suyono salah satu warga Desa Gempolsewu mengaku sudah tiga hari selalu mencari kerang di Pantai Sendang Sikucing. Jenis kerang yang didapat sebagian besar jenis kerang remis dan kerang bukur.

“Tahun lalu sebagian besar kerang bukur, tetapi kali ini lebih banyak kerang remis,” tuturnya.


0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.