BPOM Jamin Vaksin Sinovac Aman Digunakan dan Tak Berbahaya

Kepala BPOM Penny K Lukito. Menegaskan BPOM atas penggunaan vaksin SinoVac/TwItter.com/@penny_lukito

PORTAL KENDAL – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjamin bahwa vaksin Covid-19 Sinovac aman untuk digunakan bagi manusia. Kepala BPOM Penny K Lukito menjelaskan bahwa vaksin Sinovac terdiri dari bahan-bahan yang aman bagi tubuh manusia.

Hal ini berdasarkan dari evaluasi BPOM yang menyatakan bahwa vaksin Sinovac aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh manusia.

“Berdasarkan hasil evaluasi mutu yang telah dilakukan, BPOM dapat memastikan bahwa vaksin ini tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya,” jelas Penny K Lukito, Selasa (05/01/21).

Dalam menjamin vaksin Sinovac ini, BPOM sudah melakukan evaluasi terhadap data mutu vaksin. Evaluasi itu mencakup pengawasan mulai dari bahan baku, proses pembuatan hingga produk jadi sesuai dengan standar penilaian mutu vaksin yang berlaku secara internasional.

Penny Lukito juga menambahkan, bahwa BPOM bersama tim juga sudah melakukan inspeksi secara langsung ke produksi vaksin Corona di China.

BPOM akan terus mengawasi keamanan vaksin tersebut meski nanti sudah memberikan izin darurat/EUA terhadap vaksin Sinovac.

Dalam proses tersebut, lanjut Penny, BPOM berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan serta Komite Nasional dan Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas dan Komda PP KIPI) ditujukan dalam pemantauan.

Sumber : PMJ News

 

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.