MUI Mengatakan Vaksin Covid-19 Sinovac Halal dan Suci

Logo Halal MUI. /LPPOM MUI

PORTAL KENDAL – Majelis Ulama Indonesia atau disingkat (MUI) menyatakan bahwa vaksin Sinovac itu halal dan suci. Dengan demikian, dari aspek kehalalannya, MUI teruntuk vaksin Covid-19 keluaran Sinovac yang berasal dari China tersebut tak mengandung bahan yang haram, akan tetapi hukumnya halal dan suci.

Kepastian tersebut terungkap setelah MUI menggelar rapat pleno terkait hasil audit vaksin Sinovac di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (08/01/2021).

“Menyepakati bahwa vaksin Covid-19 Sinovac hukumnnya suci dan halal, ini aspek kehalalannya,” tandas Ketua MUI Bidang Fatwa dan urusan Halal Asrorun Ni’am Sholeh.

Meskipun vaksin Sinovac ini halal, untuk hasil keamanan masih menunggu dari BPOM. Fatwa utuh terkait vaksin Sinovac yang akan keluar setelah B{OM mengeluarkan hasil labnya.

“tetapi mengenai kebolehan penggunaannya sangat terkait dengan keputusan mengenai aspek keamanan BPOM, dengan demikian fatwa MUI terkait dengan produk ini akan menunggu hasil finansial dari BPOM, fatwa utuh akan disampaikan setelah hasil BPOM,” telasnya.

Perlu diketahui, pemerintah akan memulai program vaksinasi mulai tanggal 13 Januari 2021 mendatang. Dengan orang yang pertama kali disuntik adalah Presiden Jokowi.

Vaksin pada tahap pertama akan diberikan untuk 1,3 juta petugas kesehatan dengan waktu penyuntikan Januari sampai April 2021.

Sumber: PMJ News

 

 

Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.