Siap-siap! Besok 4 Januari 2021 BST Kemensos Cair Rp300 Ribu, Cek Penerima di laman dtks.kemensos.go.id

 

Bansos BST Rp300 ribu Kemensos/ANTARA/Aji Setyawan

PORTAL KENDAL – Di ketahui bahwa Kemensos akan kembali menyalurkan bansos BST senilai Rp 300 Ribu serentak pada Senin, 4 Januari 2021 besok.

Pasalnya harus ada syarat dan cara daftar yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima basos BST Kemensos senilai Rp300 ribu. Bagi penerima yang sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, penerima dapat mengecek langsung melalui laman resmi dtks.kemensos.go.id.

Berikut ini persyaratan bagi penerima Bansos BST kemensos Rp300 ribu yang akan cair besok akan diberitahukan dibawah ini.

Dikutip dari laman resmi Kemensos, bansos BST Kemensos Rp300 Ribu di tahun 2021 akan menyasar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat di seluruh Indonesia, dana bansos tersebut senilai yang sudah disebutkan diatas yaitu Rp300 ribu per KPM yang akan diberikan dari bulan Januari hingga bulan April 2021.

Kementerian Sosial akan menyalurkan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu kepada KPM yang telah memenuhi syarat dan datanya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Untuk pencairan dana Bansos BST Kemensos ini, Kemensos akan bekerja sama dengan pihak PT Pos Indonesia.

Berikut persyaratan untuk mendapatkan bansos BST Kemensos Rp300 ribu, di antaranya:

-Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW setempat dan berada di Desa.

-Calon penerima adalah mereka yang mata pencahariannya terdampak Pandemi Covid-19.

-Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bansos lain dari pemerintah pusat, dengan arti bahwa calon penerima bansos tunai dari dana desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) sampai kartu prakerja.

-Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, akan tetapi belum terdaftar di RT/RW, maka dapat langsung menginformasikan ke aparat desa berwenang.

-Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tak memiliki NIK dan KTP, tetap bisa mendaptkan bansos  tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu, akan tetapi dengan syarat khusus calon penerima berdomisili di desa terkait dan menulis alamat lengkap.

Jika penerima sudah terdaftar dan valid, maka BST Kemensos Rp300 ribu akan diberikan secara tunai melalui kantor pos terdekat dan non tunai melalui rekening bank penerima.

Bagi penerima yang sudah memenuhi syarat dapat langsung mengecek di laman dtks.kemensos.go.id untuk mengecek nama penerima BST Kemensos Rp300 ribu tahun 2021 ini, dengan cara berikut:

-Buka link dtks.kemensos.go.id

-Pilih ID, disarankan memilih NIK agar lebih mudah dan cepat

-Masukkan NIK sesuai KTP

-Masukkan nama lengkap sesuai KTP

-Ketik ulang kode captcha sebagai verifikasi keamanan

-Terakhir tekan tombol cari, jika data tersedia maka Anda akan menerima bantuan BST Rp300 ribu Kemensos. Jika tidak ditemukan dipastikan Anda tidak memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Sumber : Kemensos



Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.