Wapres Ma’Ruf Amin Pakai Vaksin Pfizer, Tak Seperti Presiden Jokowi yang Pakai Vaksin Sinovac

Wakil Presiden Ma'ruf Amin/instagram/@kyai_marufamin

PORTAL KENDAL – Wapres Ma’ruf Amin ternyata memilih menggunakan vaksin Covid-19 Pfizer, tak seperti Presiden Jokowi yang akan disuntik menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac.

Pasalnya Presiden Jokowi sendiri akan disuntik pada tanggal 13 Januari 2021 menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac beserta para jajaran menterinya. Namun berbeda dengan Presiden, Wapres Ma’ruf Amin memilik Pfizer sebagai vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan. Alhasil Wapres pun tak ikut dalam penyuntikan pada tanggal 13 Januari 2021 tersebut, karena menunggu vaksin keluaran Pfizer.

“Iya yang itu (Pfizer). Ya kan banyak mereklah yang dikirim, yang diikhtiarkan pemerintah Indonesia yang datang setelah Sinovac itu, dan itu setelah dilakukan uji klinis terhadap orang-orang diatas umur 58 ya bisa begitu,” pungkas Masduki, Rabu hari ini (06/01/2021).

Masduki menuturkan bahwa Wapres tak bisa disuntik Sinovac karena faktor usia yang sudah memasuki diatas 60 tahun.

“Karena Pak Wapres berusia di atas 60 tahun, jadi beliau tidak memungkinkan untuk divaksin dengan vaksin yang ada sekarang, yang Sinovac itu,” tutur Masduki.

Rencananya, vaksin Pfizer akan tiba di Indonesia sendiri pada kuartal III tahun 2021. Untuk tahap awal, memang diprioritaskan vaksin Sinovac dahulu. Dalam uji klinis, vaksin Sinovac sendiri diberikan pada relawan yang berusia 19 tahun sampai 56 tahun.

Pendekatan yang dilakukan di Indonesia untuk vaksinasi tahap pertama memilih usia 18-59 tahun.  Hal ini juga sesuai arahan dari rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Sumbe : PMJ News

 

 

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.