Hujan Merata, Semarang Terendam Banjir dan Longsor

Potret sejumlah warga mengangkut motor dengan melintasi jalanan yang tergenang banjir di Jalan Raya Arteri Soekarno-Hatta, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021) / (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)


Portal Kendal | Berita Kendal – Sejak Kamis (4/2/2021) malam tingkat curah hujan di Kota Semarang sangat tinggi, sehingga mengakibatkan banjir menggenangi jalanan Kota Semarang. Ketinggian banjir bervariasi antara sekitar 20 centimeter hingga sekitar 1 meter.

Dikarenakan kurang lancarnya drainase, air sehingga meluap ke jalanan. Dampak dari meluapnya air kegiatan lalu lintas terganggu, namun polisi telah turun untuk membantu kelancaran lalu lintas dan mengurai kemacetan.

Berdasarkan keterangan yang telah didapat dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Jawa Tengah melalui Dikki Rulli Perkasa selaku Kabid Penanganan Darurat BPBD Kota Semarang menyatakan bahwa Kota Semarang telah diguyur hujan lebat secara merata selama 3 sampai 5 jam.

Stasiun Semarang Tawang juga terendam oleh banjir lalu juga terjadi beberapa banjir dan tanah longsor pada beberapa lokasi yang disebabkan banjir dari Kanal Barat.

Berikut adalah titik lokasi dimana banjir terjadi, yakni di Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Kaligawe, Kelurahan Mangkang Wetan, Jl. MT. Haryono, Kawasan Simpang Lima, Jalan Madukoro, Jalan Simpang Madukoro, Jalan Semarang Indah, Kali Bringin Jalan Mangkang, Jalan Kuda Kelurahan Wonosari, dan banjir di Stasiun Tawang.

Terus terjadi juga beberapa tanah longsor diantaranya di wilayah Kelurahan Lempongsari, Gang Poros RW 1 Tambak Aji RT 8, Gang Poros RT08,09 RW01, Jl. Cinde Raya Barat RT05/05 Kel. Jomblang, dan di RT07 RW 01 Jl Sriwidodo utara RT07 RW 01 Kel. Purwoyoso.

Penyisiran pada lokasi banjir sudah dilakukan oleh BPBD Kota Semarang guna melakukan pendataan. lalu proses evakuasi dan pembersihan longsor juga telah dilakukan oleh BPBD bersama dengan warga sekitar.

Sumber : KOMPAS


Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

Silahkan komentar dengan bijak ya teman. Terimakasih.